Pulau Derawan

Pulau Derawan adalah pulau indah yang terletak di Selat Makassar di Kab. Berau Kalimantan Timur, merupakan bagian dari Kepulauan Derawan yang terdiri dari banyak pulau. Sebuah pulau dengan permukaan air laut berwarna gradasi biru dan hijau yang memukau, hamparan pasir nan lembut, barisan pohon kelapa di pesisir pantai, dengan hutan kecil di tengah-tengah pulau yang merupakan habitat dari bermacam jenis tumbuhan dan hewan serta keindahan alam bawah laut yang mempesona. Tidak heran apabila pulau ini bisa menempati urutan ketiga teratas sebagai tempat tujuan menyelam bertaraf dunia dan menjadikan pulau ini sebagai pulau impian bagi para penyelam.

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Kepulauan Derawan memiliki tiga kecamatan yaitu, Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk, Berau.

Sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan tersebut, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Secara geografis, terletak di semenanjung utara perairan laut Kabupaten Berau yang terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Panjang, Pulau Raburabu, Pulau Samama, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Nabuko, Pulau Maratua dan Pulau Derawan serta beberapa gosong karang seperti gosong Muaras, gosong Pinaka, gosong Buliulin, gosong Masimbung, dan gosong Tababinga.
Derawan
Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Terumbu karang di Kepulauan Derawan tersebar luas pada seluruh pulau dan gosong yang ada di Kepulauan Derawan. Gosong-gosong yang ada di kepulauan ini diantaranya Gosong Pulau Panjang, Gosong Masimbung, Gosong Buliulin, Gosong Pinaka, Gosong Tababinga dan Gosong Muaras.

Tipe terumbu karang di Kepulauan Derawan terdiri dari karang tepi, karang penghalang dan atol. Atol inilah yang telah terbentuk menjadi pulau dan terbentuk menjadi danau air asin. Survei Manta Tow 2003 menunjukkan tutupan rata-rata terumbu karang di Pulau Panjang adalah 24,25% untuk karang keras dan 34,88 untuk karang hidup. Terumbu karang di Pulau Derawan memiliki tutupan rata-rata karang karang keras 17,41% dan tutupan karang hidup 27,78%.

Dengan jumlah species 460 sampai 470 menunjukkan bahwa ini menjadi kekayaan biodiversitas nomor 2 setelah Kepulauan Raja Ampat. Areal terumbu karang yang utama :

  1. Pulau Panjang bagian barat (inlet dan channel)
  2. Karang Muaras dengan diversitas tinggi, karang sehat, dan nilai estetika
  3. Karang Malalungun, diversity tinggi dengan struktur yang kompleks dengan berbagai habitat
  4. Karang Besar yang kaya habitat .

Survei ikan karang tahun 2003 menunjukkan bahwa kepulauan ini menghasilkan 832 species. Selain itu, diperkirakan sedikitnya 1.051 species terdapat di perairan Berau dengan jenis dominan Gobes (Gobiidae), Wrasses (Labridae), dan Damselfishes (Pomacentridae).

Padang lamun ditemukan tersebar di seluruh Kepulauan Derawan dengan kondisi yang berbeda dengan rata-rata luas tutupan kurang dari 10% sampai 80%. Ekosistem ini secara ekologi dan ekonomi sangat penting tapi keberadaannya terancam oleh gangguan dan kegiatan manusia seperti pembukaan hutan besar-besaran, kebakaran hutan, budidaya laut, sedimentasi, baling-baling perahu, dan lain-lain.

Di Pulau Derawan terdapat 2 jenis lamun yang dominan Thalasia hemprichii dan Halophila ovalis serta 4 species lamun lain yang ditemukan di sekeliling pulau yaitu Halodule uninervis, Cyamodocea rotundata, Syringodium isoetifolium, dan Halodule pinifolia.

Mangrove di kawasan Delta Berau dimanfaatkan masyarakat secara tradisional sebagai sumber mata pencaharian keluarga, seperti menangkap ikan, udang, dan kepiting. Dalam 10 tahun terakhir, mangrove di Berau telah banyak dikonservasi menjadi tambak udang dan ikan dengan laju pembukaan lahan yang cepat. Nipah (Nypa fructican) mendominasi komposisi jenis mangrove di kawasan Delta Berau. Hasil kajian valuasi ekonomi dan konservasi mangrove menunjukkan bahwa nilai ekonomi hutan mangrove memberikan manfaat langsung sebesar US$ 295.78/ha/th, manfaat tidak langsung US$726.26/ha/th, manfaat pilihan US$ 358.46/ha/th, manfaat bersih US$ 1,395.50/ha/th.

Kegiatan perikanan yang ada di Kecamatan Derawan dan Maratua meliputi perikanan laut, pengambilan telur penyu, dan budidaya tambak. Hasil penangkapan perikanan laut Kecamatan Kepulauan Derawan merupakan penyumbang terbesar pendapatan Kabupaten Berau dari 5 kecamatan yang punya aktifitas penangkapan perikanan laut. Kegiatan yang yang dilakukan di wilayah kepulauan yaitu penangkapan perikanan laut dan pengambilan telur penyu. Aktifitas ini pada tahun 2001 menyumbang Rp. 37.907.680,00.

Jumlah kapal penangkapan yang ada di Kecamatan Derawan dan Maratua tahun 2001 sebanyak 426 dengan jumlah perahu tanpa motor sebanyak 256 unit. Alat tangkap yang ada di Kecamatan Derawan dan Maratua adalah payang (pukat kantong) 74 unit, purse sein (pukat cincin) 14 unit, jaring insang 282 unit, jaring angkat 30 unit, pancing 139 unit, perangkap 66 unit dan alat pengumpul 13 unit.

Kegiatan Ekonomi

Kegiatan perikanan merupakan tulang punggung kegiatan yang ada di Pulau Maratua dan Derawan sebab sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai nelayan. Perikanan yang dimanfaatkan oleh masyarakat Pulau Maratua dan Derawan adalah ikan pelagis dan ikan karang. Hasil penjualan ikan secara umum dijual di Pulau Derawan dan Maratua, Tanjung Redeb, Surabaya dan beberapa kota luar propinsi yang melewati pengumpul yang cukup besar, bahkan sering dimasukkan kepada eksportir yang kemudian dijual ke konsumen di luar negeri.

Potensi Kawasan Konservasi

Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Berau telah direncanakan kawasan konservasi pulau-pulau kecil di Kepulauan Derawan . Potensi kawasan konservasi ini dilihat dari keanekaragaman hayati yang ada di kepulauan ini antara lain satwa endemik, dan tempat-tempat penting lain.

Selain memiliki beberapa ekosistem tropis yang terdiri dari ekosistem terumbu karang, ekosistem lamun, dan ekosistem mangrove, Kepulauan Derawan juga punya species yang dilindungi dan khas. Species itu diantaranya ketam kelapa (Birgus latro), paus, lumba-lumba (Delphinus), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Erethmochelys fimbriata), dan dugong (Dugong dugon). Ketam kelapa dapat ditemukan di Pulau Kakaban dan Maratua. Paus dapat ditemukan di sekitar Pulau Maratua pada musim tertentu sedangkan lumba-lumba di sekitar Pulau Semama, Sangalaki, Kakaban, Maratua, dan Gosong Muaras. Penyu dapat ditemukan di sekitar Pulau Panjang, Derawan, Semama, Sangalaki dan Maratua serta Dugong di Pulau Panjang dan Semama.

Species unik lain adalah Pari Manta (Manta birostris) yang terdapat di Pulau Sangalaki dan Pigmy Seahorse di Pulau Semama dan Derawan.

Suasana di Pulau Derawan

Suasana dalam Kampung

Kiani Resor

mt-03-di-derawan-10.jpg

Gusung

Teman-teman lagi maen di pantai derawan

Pinjam perahu paman

About these ads

29 comments on “Pulau Derawan

  1. Saya punya angan bisa bekerja dan menetap di daerah konservasi derawan ini. Background pendidikan saya Sarjana Sosial dari Ilmu Komunikasi, pernah bekerja sebagai Guest Relations Officer dan sekarang bekerja sebagai sekretaris. Apakah ada informasi tentang pekerjaan disana? Terima kasih sebelumnya.

  2. Wis bisa kirimkan kacamata safety, yang bekas aja, bekas kau pakai juga tidak apa-apa. Perlu banget konco. untuk motong keramik. Thaks. La Mohdar (Jalan Gurami Gg. Bersama RT 2 No. 19)

  3. amazing,,,and also wonderful engga kebayang dech aku tuh dari taun kemarin pengen banget kesana,,dan pengen banget bawa tamu kesana tapi aku agak kesulitan untuk menghubungi orang yang bisa bantu aku untuk informasi mengenai harga, akomodasi, makan selama disana, kebetulan aku kerja di salah satu travel dijakarta bagian tour klo engga keberatan seh bisa bantu aku engga ya,,,thanks..salam kenal bravo

  4. wowww…
    kalau papua punya raja ampat, kalimantan punya derawan, tinggal dikelola dengan baik dijamin indonesia bisa lebih baik dari sekarang…

    *baru.keliling.kep.seribu.doank

  5. hi all…
    Derawan…??amazing island…
    aku disana 3 minggu,waktu itu jadi peserta PON XVII Kaltim.ud ngerasain ikan bkarnya,ud poto bareng penyu,liat hiu sirip item,paus jg…tapi belum sempat liat manta..hiks..hiks..tapi yang paling berkesan cuman 1…waktu kena sengat ikan pari nya…luka robek 1cm tapi dalemnya 2cm…untung mantri di puskesmas jago…Thanks 2 pak mantri,pak sanusi,ibu yang jualan soto deket BMI…

  6. Pak, saya sekarang sedang ada di Tarakan
    Jika ingin berwisata ke Pulau Derawan bagaimana caranya ya?
    dari tarakan sini,ada kapal untuk ke pulau derawan gak ya?

  7. kalau reguler tidak ada, tapi umum ada 2 jalan yaitu anda menyebrang ke Tanjung selor-tanjung redeb/tanjung batu baru menyebrang ke Derawan, atau jalan yang ke 2 hubungi tourist travel di tarakan..

  8. Pak Darwis Yth,
    Saya Tuty, saya lahir di Yogya tapi pernah tinggal di Pulau Maratua dan Pulau Derawan karena ayah saya berasal dari pulau2 tsb, bahkan saya menyelesaikan SD tahun 1973 di P.Derawa.Kemudian saya melanjutkan SMP di Tanjung Redeb samapi kelas 2 lalu pindah ke Yogya sampai selesai SMA, melanjutkan kuliah S1 dan S2 di IPB. Saat ini saya bekerja di Pemprov DKI Jakarta. Senamg membaca tulisan Bapak, apalagi orang tua Bapak berasal dari P.Derawan, mungkin kita masih memiliki hubungan kerabat???
    Wass

  9. kalo asli dari derawan, maratua, tanjung batu dan sekitarnya biasanya masih keluarga bu’, apalagi kalau ngaku sukunya bajau atau solok, ibu saya namanya Martiah adank dari Pak Tambuli asli orang solok, suku asli penghuni pulau derawan, sekarang saja seluruh pulau masih terhitung keluarga, kalau dilihat umur, ibu masih angkatan dari ibu saya…

  10. Tiga kali ke derawan masih belum selesai ….
    sekali ke sangalaki juga belum pantas…..
    Waktunya yang gak cukup bung…,
    Kawan-kawan memang asli derawan dari Bajau, jadi gampang kalo mo kesana tinggal telphone dijemput pake kapal kayu, wah.. tambah OK perjalanan.
    Apalagi pas snorkling ,ehm…..males pulang kalo gak inget kerja besoknya…
    Boleh tuh Bung kalo mo kesana contact2..
    Regards.

  11. Komentar.. saya bangga dengan anda yang turut andil dalam memproosikan derawan yang mana kbetulan tanah kelahiran saya… cuman satu yang saya pelajarai dikampung saya yang tercinta itu, nampaknya sudah tipis sekali ikatan kekeluarggaan antara satu sam yang lainnya. Tidak sperti saya saat masih kecil dulu, sangat erat terasa kerukunan satu sm lainnya, kebetulan kami meninggalkan pulau derawan sejak kelas 2 sd. thans your you friends i like it.

  12. salam kenal Pak Darwis ..

    kebetulan saya sedang mencari travel agent yg bisa ngurus trip ke derawan.
    berangkat dari jakarta.
    mohon info/ rekomendasi travel yang bagus dan servisnya memuaskan, krn trip ini akan kami berikan sbg hadiah/ apresiasi kpd nasabah.

    saya tunggu infonya ya ..

    thx ..

    • saya dari Kaltim di Sangatta, ingin sekali sy datang ke P. Derawan ….bisakah bapak kasi tahu saya jalur mudah ke pulau tersebut

  13. amazing island, sayangnya belum pernah mampir kesana…….. cuma denger crita dr salah satu dive guide disana ja. ga jauh beda kan sama maratua?

  14. derawan memang best!
    penduduk dia pun baik2 belaka..
    my holiday to derawan+sangalaki+kakaban island was great!
    journey>> malaysia> trakan> derawan> sangalaki> kakaban> trakan> malaysia..
    next,sy akan menjejakkan kaki maratua island.. :)

  15. indonesia memiliki khazanah alam yg sangat cantik..
    sekembalix ke sini(malaysia),kawan melihat gambar percutian sy & mereka jugak teruja nak ke sana setelah sy menceritakan keindahan pulau derawan..
    insyaAllah,the end of this year me wid my frens will go there..
    moga keindahan khazanah indonesi ini tetap terjaga & makin dikenali ramai..
    keep it up!

  16. Saya mau info tentang pulau maratua dan derawan, mana yg lebih baik dan keren untuk berlibur? Dan bagaimana perbedaan kehidupan masyarakat di 2 pulau tersebut, tolong bapak/ibu berbagi info ke saya yah… Bisa via email adriyawan.wn@gmail.com atau adriyawan87@yahoo.com saya berencana kerja sebagai dokter ptt disana selama 1 tahun. Mungkin yg bisa kami jangakau juga dari fasilitas kesehatan lainnya anatara 2 pulau itu mana yg lebih memeberikan manfaat untuk masyarakat, kalaupun di pulau maratua, saya akan ke maratua, atau di pulau derawan saya akan di pulau derawan… Mohon infonya yah bapak atau ibu… Salam hormat! Dan terima kasih perhatianya…

  17. Saya mau info tentang beda pulau maratua dan derawan, mana yg lebih baik dan keren untuk berlibur? Dan bagaimana perbedaan kehidupan masyarakat di 2 pulau tersebut, tolong bapak/ibu berbagi info ke saya yah… Bisa via email adriyawan.wn@gmail.com atau adriyawan87@yahoo.com saya berencana kerja sebagai dokter ptt disana selama 1 tahun. Mungkin yg bisa kami jangkau juga dari fasilitas kesehatan lainnya anatara 2 pulau itu mana yg lebih memeberikan manfaat untuk masyarakat, kalaupun di pulau maratua, saya akan ke maratua, atau di pulau derawan saya akan di pulau derawan… Mohon infonya yah bapak atau ibu… Salam hormat! Dan terima kasih perhatianya…

  18. dear bloggers…., salam kenal saya ivan stay di tarakan, jika ingin info trip/tour ke pulau Derawan lagi dengan harga ekonomis+berbisnis, silahkan menghubungi sy di: ivankansil@rocketmail.com dgn senang hati sy mau membagi infox. trmks. salam sukses…

  19. Hai Pak Darwis, salam kenal… Saya yang sempat ngobrol dengan Bapak tentang Snorkeling, Diving dan Rescue di BMI, Derawan, Sabtu kemarin… Rencana saya ingin ajak teman2 ke Derawan, bulan apa yang paling tepat? Terima kasih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s