JANGAN MEMBUANG SAMPAH

 

“Buanglah sampah pada tempatnya” merupakan slogan yang sudah diketahui oleh hampir setiap orang, namun pernahkah terpikirkan untuk tidak membuang sampah.  Membuang sampah merupakan rutinitas sehari – hari yang terkadang menjengkelkan, tidak dibuang menjadi penyakit, bila volumenya besar diperlukan energi yang besar untuk membuangnya, bila kecil kita tetap harus meluangkan waktu untuk membuangnya.

 

Pernahkah anda menghitung berapa jumlah sampah yang sudah anda buang, sebagai gambaran mari kita berhitung : bila setiap rumah tangga setiap harinya membuang sampah sebanyak 1Kg maka selama sebulan ada 30 Kg sampah dibuang dan ada 10.950 Kg/ tahun sampah yang di buang dari setiap rumah.  Bila dalam setiap kota ada 1000 rumah maka setiap tahun dihasilkan sampah 10.950.000 Kg sampah.  

 

Maka dari itu cobalah  berusaha untuk mengurangi jumlah sampah yang anda buang 50 % saja, maka anda telah berpartisipasi mengurangi 50% masalah sampah yang terjadi di kota anda.

 

Ada beberapa cara untuk mengurangi sampah, antara lain:

*    Memisahkan sampah yang masih bernilai guna merupakan salah satu langkah konkrit guna mengurangi sampah

*    Memisahkan sampah organic untuk dibuat kompos,

*    Memisahkan botol plastic/kaca , kertas Koran, majalah untuk dijual/ diberikan ke pemulung juga merupakan langkah efisiensi sampah.

*    Membakar sampah sendiri

*    Melakukan daur ulang sampah seperti memanfaatkan kaleng bekas sebagai media tanam.

*    Dll

 

Permasalahan sampah pada masa sekarang ini telah menjadi masalah yang sangat besar di kota – kota besar, semoga hal tersebut tidak dialami di kota kita saat ini.

 

Semoga materi ini dapat menggugah kita untuk lebih peka dalam memperhatikan lingkungan sekitar kita, memang dampak keuntungannya tidak akan terasa dalam jangka pendek tapi minimal kita sudah membangun sebuah kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s