2nd NATIONAL FIRE & RESCUE COMPETITION, SENIPAH 2007

2nd National Fire & Rescue Competition yang dilaksanakan di Delta HSE Training Sevices Senipah tanggal 11 – 18 November 2007 ini merupakan kalender rutin yang diadakan oleh oleh Board of Committee Fire & Rescue Indonesia dengan pimpinan saat ini adalah M.S. Marpaung bekerjasama dengan BASARNAS dan Departemen ESDM .

Kegiatan ini merupakan ajang informasi bagi para rescuer untuk memperdalam kemampuan teknik penanganan keadaan darurat serta pertolongan pada korban .

Pada pelaksanaan tahun ini dilaksanakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun gambar.jpgsebelumnya dilaksanakan dalam bentuk IFRC (Indonesia Fire & Rescue Challenge).

Pada 2nd National Fire & Rescue Competition ini pelaksanaannya lebih spesifik dengan nomor yang dilombakan, scenario, serta system penilaian yaitu:

  1. Rescue from Height (Pertolongan dari Ketinggian) pada lomba ini tim Emergency diminta melakukan pertolongan dari ketinggian dengan system Tyrolean Traverse, yaitu melewatkan korban dari area yang dianggap berbahaya sehingga tidak mungkin untuk dilewati, dengan menggunakan tali temali/ peralatan Vertical Rescue
  2. Motor Vehicle Accident (Kecelakaan jalan raya), 2 buah mobil bertabrakan yang kemudian terbakar, tim emergency diharuskan dapat menentukan lokasi kejadian di peta berdasarkan laporan yang yang diterima di Emergency Control Room, kemudian menuju TKP dan melakukan pemadaman kebakaran serta menyelamatkan korban
  3. Helicopter Fire and Rescue. (Pertolongan & pemadaman pada Helikopter yang terbakar) Sebuah helicopter yang sedang melakukan evekuasi medik berisi korban dan petugas medik akan melakukan pendaratan darurat dikarenakan kerusakan mesin, tugas tim emergency melakukan persiapan saat pendaratan darurat dengan segala akibatnya.
  4. Under Water Rescue (Pertolongan saat pendaratan darurat Helicopter di air), sebuah helicopter sedang mendarat darurat di air, 2 orang penumpang dapat lari, namun 1 orang cedera berat berupa spinal injury, dan yang lainnya masih terjebak di dalam helikopter tersebut, tim emergency diminta melakukan penyelaman/ penyelamatan dibawah air untuk mencari crew helicopter yang hilang.
  5. Fireman Skill Event (Uji kemampuan dasar Rescuer), menilai kempuan dasar tim rescue yaitu, Pre inspection SCBA, Oksigen therapy set up, tali temali, penanganan pendarahan, patient assesment, long board spinal immobilization supine.
  6. Ship Engine Room fire (Pertolongan & pemadaman kebakaran di kapal), tim Emergency mendapat panggilan adanya kebakaran pada kapal yang sedang dok, kebakaran terjadi di kamar mesin, terdapat asap beracun, system proteksi kebakaran kapal tidak berfungsi karena mesin terbakar, seorang ABK diinformasikan hilang.
  7. Pipe burst – Cross pit Fire (Pemadaman kebakaran gas), pipa gas yang bocor terbakar dan membesar, pemadam harus mengamankan area dan memadamkan kebakaran tersebut dengan peralatan yang ada.
  8. Fireman Fitnes drill.(Uji kemampuan fisik Rescuer), tes kemampuan fisik rescuer menghadapi berbagai macam situasi, dimulai dari lari – berenang membawa korban – bergelantungan (monkey bar) – bergantung di tali melewati air – lari menuju menara – menaiki menara – terjun dari menara – berenang – membalikkan perahu karet di air.

2nd National Fire & Rescue Competition ini merupakan kegiatan ke 2 yang pernah diadakan sebelumnya yaitu pada tahun 2004 di PUSLATKAR Ciracas pada tanggal 29 – 31 Juli 2004. Berikut daftar penyelengara dan tahun penyelenggaraan :

  1. PT. Kaltim Prima Coal 1995 IFRC
  2. PT. Freeport Indonesia 1996 IFRC
  3. PT. BHP Arutmin 1997 IFRC
  4. World Cup Fire & Rescue Challenge, Bali 1998 IFRC
  5. PT. VICO Indonesia 2000 IFRC
  6. PT. Newmont Nusa Tenggara 2001 IFRC
  7. PT. INCO Soroako 2002 IFRC
  8. PT. Kaltim Prima Coal 2003 IFRC
  9. BOD Fire & Rescue Indonesia 2004 NFRC
  10. PT. Freeport Indonesia 2005 IFRC
  11. TOTAL Fina Elf, Senipah 2006 IFRC
  12. BOD Fire & Rescue Indonesia 2007 NFRC

Berikut nama – nama tim peserta pada 2nd National Fire & Rescue Competition :

No Perusahaan & Team

  1. PT. Freeport Indonesia – Amole Team
  2. PT. Freeport Indonesia – Amolongo Team
  3. Paiton Power Station
  4. PT. Riau Andalan Pulp & Paper
  5. PT. Arutmin Indonesia – NPLCT Team
  6. PT. ANTAM Tbk – UBPE Pongkor
  7. TOTAL E&P Indonesie – Team Stupa
  8. TOTAL E&P Indonesie – Team Mandu
  9. Country Fire Authority Victoria – Oscar 1 Mine & Quarry Rescue Team
  10. PT. Newmont Nusa Tenggara
  11. PT. Kaltim Prima Coal
  12. PT. VICO Indonesia
  13. PT. ADARO Indonesia
  14. PT. Arutmin Indonesia – Mining Team
  15. PT. Arutmin & Thiess – Senakin Mine Rescue Team
  16. PT. Berau Coal
  17. PT. Bukit Asam
  18. PT. INCO Sorowako (observer)
  19. PT. EXXON Mobile (observer)
  20. PT. Dharma Henwa – Bengalon (observer)
  21. TOTAL E&P Borneo B.V (observer)

Pembukaan lomba

p1190172.jpg

PT.Berau Coal Rescue Team

dsc0044gqw4.jpg

Advertisements

3 thoughts on “2nd NATIONAL FIRE & RESCUE COMPETITION, SENIPAH 2007

  1. iya tuh, sudah susah nyari literaturnya, susah juga nyari teman buat diskusi, pinginnya sih bikin ini biar memancing profesional yang lain biar ikut rembuk, lomba rescue sudah dilaksanakan selama 13 tahun namun belum pernah ada ekspose, padahal inilah ajang berkumpulnya para profesional di bidang recue…..amole!!!

  2. Siang pa Darwis,

    Saya Ik Lian dulu rescuer aktif senakin mine mewakili pt thiess indonesia di NFRC thn 2001,02,03 sekarang sudah non aktif kerja ditambang. domisili di kota banjarmasin kalsel karyawan swasta (perusahaan contractor logging)
    Memang utk publisitas rescue di indonesia sangat minim padahal itu sangat penting utk khalak umum ketahui baik segi aktifitas serta kepentingan sosialnya. Di banjarmasin sendiri yang banyak BPK (badan pemadam kebakaran)yg kuranmasih perlu dapat masukkan2 safety utk fire fighting,first aid dan evakuasi….saran saya rescue bisa di sosialisasikan melalui badan sosial dengan TAGANA, BPK setempat utk pengadaan latihan bersama tiap 3bln 1x di kota banjarmasin (2hari dengan agenda 1 hari informasi rescue terbaru dan 1 hari lagi kompetisi utk melihat kemampuan masing2 sambil belajar) yang bisa di lihat khalayak umum atau di tempat umum sehingga selain promosi juga tambah wawasan buat yg blm tahu apa itu rescue.

    Salam Avignam Jagat Samagram
    Ik Lian 081348088480

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s