Sayangi Tulang Punggungmu

Tulang punggung merupakan penopang tubuh kita yang cukup, atau bisa dikatakan, paling penting.Akibat posisi tulang punggung yang salah mungkin tidak terlalu fatal, namunbisa jadi sangat mengganggu kenyamanan Anda dalam menjalani hidup. Beberapacontoh dari hal ini adalah rasa pegal ketika baru bekerja keras sedikit saja,rasa tertekan pada beberapa bagian yang terus mengganggu sepanjang hari, sertarasa tidak nyaman ketika tidur sepanjang malam.

Tulang punggung kitaterdiri dari empat bagian, yaitu: cervical, thoracal, lumbar, dan sacral. Satu hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa tulang punggung kita tidaklah lurus secara absolut seperti papan. Ada lengkungan ke depan di bagian lumbar.

Ketika Anda mengangkatbarang atau bayi dari lantai, usahakan untuk menekuk kaki Anda, bila perlu juga lutut Anda, dengan menjaga tulang punggung selurus mungkin. HINDARI membungkukataupun memutar badan ketika mengangkat barang berat.

Sama halnya ketika Anda akan menaruh barang di rak/lemari bagian atas, usahakan memposisikan barang sedekat mungkin dengan tubuh Anda (misalnya dengan naik ke atas bangku) daripada mengangkat barang melebihi bahu Anda. Karena posisi ini akan memberi beban yang hebat pada tulang punggung Anda.

Ketika Anda berdiridalam jangka waktu lama seperti menyetrika, bercukur dan menyikat gigi, ataumembawa makanan bolak-balik seperti pada pramusaji, usahakan berganti posisi berdiri sesering mungkin bila diam dan posisi punggung tegak dengan kepalalurus ke depan, atau gunakan pijakan kaki yang rendah untuk menopang salah satukaki secara bergantian. Anda juga disarankan memilih sepatu yang nyaman untukberjalan dalam waktu lama dan berhak rendah. HINDARI berdiri dalam waktu lamadengan posisi yang sama, membungkuk dengan kaki lurus, berjalan sambil miring ke depan, dan memakai sepatu berhak tinggi.

Ketika duduk, gunakan kursi dengan penopang punggung atau gulung handuk untuk ditaruh di belakang, atur ketinggian kursi sehingga Anda bisa menghindari posisi yang membuat Anda menjorok ke depan (usahakan paha sejajar lantai). HINDARI menonton TV sambil berbaring miring, atau duduk terlalu jauh dari papan ketik atau pekerjaan Anda.

Ketika menyetir mobil, tegakkan sandaran kursi Anda dan sesuaikan posisi kursi agar lutut dan panggulAnda berada dalam garis sejajar. Topang bagian bawah punggung Anda dengan gulungan handuk atau penopang punggung. HINDARI menyetir dengan duduk terlalujauh dari kemudi mobil, karena regangan ketika menginjak pedal dan memegang kemudi memberi beban berlebih pada tulang punggung Anda.

Akhirnya, ketika tidurpun, Anda tetap harus menjaga tulang punggung Anda dengan menggunakan matras tidur berpegas atau sofa yang tidak lembek. Bila Anda tidur sambil bersandarpada sisi kanan atau kiri Anda, tekuk lutut Anda sehingga yang satu berada diatas yang lainnya. Namun bila Anda memilih tidur bersandar pada pungggung Anda, taruhlah bantal atau pengganjal di bawah lutut Anda. HINDARI tidur dengan perut di bagian bawah karena akan memberi tekanan pada punggung Anda, atau tidur pada matras atau sofa yang lembek.(from situs http://tanyadokter.com)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s