Profil Tim Rescue ESDM Siaga Bencana

JAKARTA. Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Tim Rescue yang berada di bawah naungan DESDM terbagi dalam 3 tim: Tim Alfa, Tim Bravo dan Tim Charlie. Tim Alfa terdiri dari para penyelamat profesional yang berasal dari PT. VICO Indonesia, PT. Newmont Nusa Tenggara, PT. Indominco Mandiri, PT. Kaltim Prima Coal, PT. Antam UBPE Pongkor, dan PT. Freeport Indonesia. Pada Tim Bravo, PT. Antam UBPE Pongkor, PT. Kaltim Prima Coal, PT. INCO, dan PT. Adaro mengirimkan personel terbaik mereka untuk bergabung dengan Tim Rescue. Sementara itu, Tim Charlie beranggotakan PT. Antam UBPE Pongkor, PT. Berau Coal, PT. Bahari Chakrawala Sebuku, PT. Arutmin, dan PT. PLN.

Tim bertugas di Jakarta mulai tanggal 5 Februari hingga 6 Maret 2009. Petugas dijadwalkan siap siaga setiap 10 hari dengan rotasi Tim Alfa mulai tanggal 5 s.d. 14 Februari, Tim Bravo 15 s.d. 24 Februari, dan Tim Charlie 25 Februari s.d. 6 Maret. “Saat ini Tim Alfa telah meninggalkan Jakarta dan digantikan oleh Tim Bravo. Namun, tidak menutup kemungkinan Tim Alfa dipanggil kembali bila terjadi keadaan darurat,” ungkap Ketua Tim ESDM Siaga Bencana M.S. Marpaung saat melepas keberangkatan Tim Alfa kembali ke perusahaan masing-masing.

Menurut Koordinator Operasional Tim Rescue, Mulyadi (PT Freeport Indonesia), anggota Tim Rescue ESDM Siaga Bencana merupakan anggota terbaik yang dimiliki masing-masing perusahaan dengan pengalaman sekitar 15 tahun dan memiliki berbagai sertifikat SAR internasional dalam bidang Cutting Torch, Light Vehicle, Incident Command (IC), Emergency Medical Technician, Medical First Responder, Firemanship, Hazardous Material, Rope Rescue, Confined Space, Land Navigation, Dive (PADI and Commercial), Hoistrider, dan CSSR (Collapse Structure Search and Rescue).

Tim juga dilengkapi dengan perlengkapan penyelamatan yang terdiri dari peralatan Mountaineering, Rubber Boat, Static Rope, PFD, Ring Bouy, Climbing Helmet, Pulley, Carabiner, Basket Stretcher, ISP, Water Res-Q, Medical Bag, dan Dolphin Spine Boar. “Kami siap mengerahkan seluruh kemampuan kami kapanpun dibutuhkan tim,” kata Mulyadi sebelum meninggalkan posko untuk kembali ke Papua, Minggu (15/2).
from: http://www.esdm.go.id/berita/38-humaniora/2296-profil-tim-rescue-esdm-siaga-bencana.html mengaktifkan seluruh Tim Rescue yang ada di setiap perusahaan pertambangan di Indonesia sebagai bagian dari Tim ESDM Siaga Bencana tahun 2009. Tim ini dipersiapkan sebagai garda terdepan dari Tim ESDM Siaga Bencana yang bertugas membantu proses evakuasi dan pengobatan para korban bencana alam.

Advertisements

2 thoughts on “Profil Tim Rescue ESDM Siaga Bencana

  1. Yth. Bapak Darwis di tempat…
    saya mahasiswa jurusan sosiologi unsoed purwokerto. Jawa Tengah.. latar belakang study saya adalah masalah-masalah sosial kemasyarakatan, namun saya juga berminat untuk menjadi rescuer dalam sebuah perusahaan pertambangan. saya mempunyai bekal ilmu vertical Rescue yang saya dapat dari organisasi pecinta alam dalam bidang penelusuran goa. vertical rescue menjadi bagian di dalamnya.
    kiranya bapak dapat membantu saya untuk mendapatkan pekerjaan yang saya inginkan dan dambakan, ataupun referensi kiranya saya dapat bekerja.
    atas bantuan dan saran bapak saya ucapkan terima kasih

    terima kasih

  2. Yth. Pimpinan Rescue ESDM Siaga Bencana di tempat.
    Dengan Hormat,
    Saya adalah salah satu dari sekian banyak relawan Palang Merah Indonesia dan masih aktif hingga sekarang, tentu saja Saya sering terjun dalam penanggulangan bencana. Saya tertarik menjadi rescuer yang Bapak pimpin, untuk itu kiranya saya ingin menjadi bagian di dalamnya. Kiranya Bapak dapat membantu saya untuk bergabung dan bekerja di tempat yang Bapak pimpin.
    Adapun sebagai bahan pertimbangan, saya akan tuliskan beberapa hal yang mungkin dapat membantu, sebagai berikut :
    1. Sertifikat Korp Sukarela (KSR) tahun 2007
    2. Sertifikat Ksiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM) tahun 2008
    3. Sertifikat Pertolongan Pertama (PP) tahun 2009
    4. Sertifikat Tanggap Darurat Bencana (TDB) tahun 2009

    Atas saran dan perhatian Bapak, Saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s