Belajar menyelam…

BAGAIMANA PROSES TRAINING SCUBA DIVING ?
Pertanyaan umum yang paling sering ditanyakan oleh calon diver sebelum mengikuti kursus selam adalah, bagaimana mekanisme pelatihan diving bagi pemula ? Belajar Diving itu sama sekali tidak sulit, sama seperti anda melakukan aktifitas lainnya, untuk menguasai teknik Scuba Diving memerlukan sedikit usaha dan waktu. Jika anda belum menguasai sebuah skill, bukan berarti anda tidak bisa menyelam, melainkan anda membutuhkan waktu lebih lama untuk menguasainya. PADI Openwater Diver Course adalah level training tingkat pemula yang wajib ditempuh seorang calon diver untuk mendapatkan sertifikasi tingkat pertama / entry level. PADI Openwater Diver Course terdiri dari 3 fase pelatihan yang sangat menyenangkan

ACADEMIC SESSION
Anda bersama instruktur anda akan mempelajari mengenai prinsip dasar dan prosedur dalam Scuba Diving. Anda juga akan mempelajari mengenai efek tekanan air terhadap tubuh manusia, tata cara merencanakan penyelaman yang baik dan aman, serta memilih dan memelihara peralatan selam. Diakhir diving course, anda akan menempuh ujian akhir untuk mendapatkan sertifikasi.

POOL TRAINING
Pada sesi ini anda bersama instruktur anda akan berlatih dasar-dasar keterampilan menggunakan peralatan Scuba diving dalam lingkungan di kolam renang. Pada tahap ini anda akan mempelajari tentang bagaimana:

  • caranya merakit peralatan selam,
  • membersihkan mask anda dari air,
  • Cara komunikasi dalam air
  • Buoyancy
  • simulasi mengendalikan keadaan darurat,

dan lainnya yang kelak keterampilan ini akan sangat berguna pada saat anda menyelam. Semuanya akan anda lakukan bersama teman-teman sekelas anda dalam suasana yang santai dan nyaman..

OPEN WATER SESSION
Setelah melakukan kedua sesi diatas, anda dibawah pengawasan instruktur anda akan mempraktekan penyelaman yang sesungguhnya dengan berbekal kemampuan yang telah dipelajari di kolam renang, seperti:

  • Emergency ascent
  • Buddy system
  • Mengatasi kram pada kaki
  • Merangkai alat selam dalam air, bila terlepas
  • Safety stop
  • Equalizing
  • dll

BERAPA LAMA TRAINING SCUBA DIVING ?
Biasanya, seluruh kegiatan tersebut diatas dapat diselesaikan dalam rentang waktu 3-4 hari. Perlu diketahui bahwa, Training PADI bersifat performance based, artinya setiap student diver wajib melakukan semua persyaratan kurikulum yang telah ditetapkan oleh PADI tanpa dibatasi jenjang waktu tertentu. Hal ini tentunya akan lebih menyenangkan bagi calon peselam, karena pelatihan PADI tidak diburu-buru oleh waktu.

Materi diambil dan dimodifikasi dari : http://www.belajardiving.com/learndive.php

Advertisements

2 thoughts on “Belajar menyelam…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s