Me and Rescue (1)…the history

Hai selamat malam…
Gara-gara Facebook, sudah lama aku tinggal blog ini, maenan facebook mah banyakan lebaynya, he,,he,,, ne lagi pengen cerita2 tentang pengalaman di bidang rescue, sebenernya basic asli sih bukan dari rescue, 3 tahun pertama kerja di Berau coal sebagai Environmental Supv karena aslinya adalah Sarjana Pertanian bidang Ilmu tanah, cuman akhir tahun 2006 dari EHS dept nyari staff Berau Coal yang punya sertifikasi SAR, kebetulan cuma ane yang ada,  jadi atas perintah KTT langsung dipindahin ke Safety Section per 1 january 2007.

BTW sebelumnya memang pernah ikut kursus sebagai tim SAR oleh BASARNAS, padahal ikut karna pengen gaya aja,,,memang ada sedikit minat sih, gini2 mulai SD selalu aktif di semua kegiatan extrakurikuler, PMR, Pramuka, PKS, OSIS dll, jadi jiwa outdoor mah sudah tertanam sejak sekolah,nah pas tahun 2004 ada seleksi tim SAR Berau Coal Gel. 2 langsung daftar n lulus, training 2 minggu dapet sertifikasi dari BASARNAS dengan Status Open Mine Rescue. ini ada fotonya pas tahun 2004 :

SAR Sertification Gel. II th, 2004 PT. Berau Coal

Emergency Response Team PT.Berau Coal dibentuk sejak tahun 2002, sejak terjadinya kecelakaan longsor di Tambang binungan yang memakan korban sebanyak 3 orang meninggal, agar sistem tanggap darurat PT. Berau Coal dapat dilakukan dengan baik maka dibentuklah ERT yang yang beranggotakan para karyawan dari berbagai perusahaan seperti Berau Coal, Buma, Dianlia, roda teknik, Sucofindo, dll yaitu ERT Gel. I, dibawah komando Bp. Sony Widjayanto dan bp. Suharyono,  dan pada tahun 2003 tim mengikuti lomba IFRC ke 8 di KPC dengan manager tim bp. Edy Saptono (EHS Manager)…..

Setelah resmi jadi ERT PT. Berau Coal, karena status volenteer jadinya latihan sering malas 2 an, jarang ngumpul, gak aktiv di kegiatan, sampe pas desember 2006 diberitahu kalau mau dipindah ke Safety Section dan jadi koordinator ERT, Nah lho……baru tau rasanya , sudah jarang latihan langsung ditunjuk jadi pimpinan ERT, ya udah, namanya juga printah langsung iya aja lah…gak mungkin nolak.

Tugas pertama  sebagai koordinator adalah listing ulang seluruh member ERT dan Inventory peralatan, karena dari petugas sebelumnya sama sekali gak ditinggalin data, jadi start dari nol….bingung, panik, gak tau mau ngapain……..Continued!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s