Evaluasi Kecelakaan Tambang di Indonesia Tahun 2010 – 2014

IMG_20150915_081611_1442285662653Catatan evaluasi kecelakaan tambang di Indonesia mengacu pada 6 parameter yaitu :

  1. Berdasarkan tempat kejadian kecelakaan
  2. Berdasarkan Jenis kecelakaan
  3. Berdasarkan penyebab kecelakaan
  4. Berdasarkan Jenis pekerjaan
  5. Berdasarkan Sumber kecelakaan
  6. Berdasarkan lama bekerja

Berikut adalah data – data kecelekaan tambang di Indonesia Berdasarkan surat edaran Kepala Inspektur Tambang/ ESDM:

Slide01 Slide02Dari data diatas jalan tambang masih memegang rekor sebagai area yang paling sering menjadi tempat kecelakaan, selama 3 tahun berturut – turut.

Slide03 Slide04

Selama tahun 2014 kecelakaan terbentur dan tertimbun menjadi kasus yang paling banyak terjadi begitupun dengan tahun – tahun sebelumnya.

 

Slide05 Slide06

IMG00051-20110129-0834Logika bahwa area tambang memiliki area dengan Resiko tinggi (High Risks) tersaji dalam tabel diatas, selama 4 tahun berturut – turut jenis Area kerja yang tidak aman menjadi penyebab kecelakaan utama, namun bila dilihat pada ayat “Tidak mengikuti Prosedur” juga menjadi penyebab tertinggi, para pemilik area harus melakukan evaluasi khusus banyaknya area kerja yang tidak aman, menggambarkan gagalnya pengendalian resiko terhadap area kerja, mapping, dan pelaksanaan dari resiko yang sudah didata dalam IBPR (bila dilaksanakan) harusnya sudah bisa dilakukan sehingga area kerja bisa distate sebagai area dengan status Low risks..

Pelanggaran terhadap prosedur bisa dievaluasi dari 2 hal, apakah penerapannya sudah efektif atau tingkat kesadaran karyawan untuk mengikuti prosedur tersebut baik atau tidak .

Slide07 Slide08

Operator masih menjadi momok sebagai jenis pekerjaan yang paling rawan kecelakaan, setiap perusahaan tambang pasti banyak menggunakan operator terkait operasional tambang yang memang banyak menggunakan peralatan tambang baik sarana produksi maupun sarana transportasi, harus ditelaah lebih dalam mengapa operator yang paling banyak mengalami kecelakaan, karena tidak mengikuti prosedur ??..atau beroperasi diarea ektrim? yang high risks?

Slide09 Slide10

DLS_2204

 

Slide11 Slide12

DSC06402Pekerja baru masih menjadi perhatian setiap perusahaan tambang, data diatas kecelakan paling banyak menimpa pekerja dengan masa kerja <1th, kurang nya knowledge, awareness, disiplin dll bisa menjadi bahan evaluasi untuk review, peningkatan DIKLAT sebagai pembekalan kepada karyawan untuk bisa mengendalikan resiko kerja harus menjadi program utama.

Beberapa saat yang lalu Kementerian ESDM telah mengeluarkan surat edaran terkait pengendalian karyawan dengan masa kerja <2th, harus diperlakukan berbeda, dan ada pengendalian tersendiri, hal ini sudah menjadi concern utama.

 

Demikian data yang ada seperti yang telah kami terima berdasarkan Surat edaran ESDM, penjelasan berupa uraian merupakan hasil pemikiran penulis sendiri, menurut kemampuan penulis yang terbatas untuk dapat menerjemahkan angka dan tabel yang ada. Penulis sekarang bekerja di perusahaan tambang dengan umur relatif sangat muda, dan merupakan perusahaan PKP2B generasi 3 yang beroperasi di Bulungan Kalimantan Utara, bila ada kesalahan penafsiran maupun tulisan mohon dimaafkan.

Tulisan ini dibuat dengan misi ikut memasyarakat kan K3 sebatas kemampuan yang penulis miliki, data – data seperti ini cukup langka untuk didapat kan dan merupakan data yang sangat berharga bagi setiap perusahaan atau semua pihak yang berkeinginan membuat program dan mem budayakan K3.

note: foto – foto diatas adalah dari lingkungan operasional kami, bukan copas dari situs lain

 

salam K3

Darwis landa

Advertisements

8 thoughts on “Evaluasi Kecelakaan Tambang di Indonesia Tahun 2010 – 2014

  1. mohon maaf baru aktif lagi…untuk mba musdalifa, edarn dari ESDM hanya angka dalam bentuk persentase, soal angkanya kami juga tidak dapat.

    @ mas ridho, email saja mas ke saya nanti saya kirimin file surat nya…

    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s